Jumat, 07 September 2012

Enviroment

Sekedar mereview pembelajaran tadi siang bersama pak R. Musyawardi Chalid tentang Lingkungan Hidup dalam Hubungan Itnernasional.

_Pengertian_
Lingkungan hidup jika dilihat dengan kaca mata psikolog merupakan sumber rangsangan internal.Sedangkan kalau sosiolog lebih menekankan dan belajar kondisi-kondisi dan peristiwa diluar organisma.
Kalau menurut dari kacamata sosiolog ini, lingkungan merupakan segala hal yang mempengaruhi individu. Misalnya llingkungan keluarga, sekolah, dll. Tak jarang ada orang tua yang menyalahkan lingkungan ketika anaknya mendapat IPK kecil, misalnya. Memang ada benarnya, lingkungan itu sangat berpengaruh terhadap prilaku atau sikap seseorang. Jika orang itu bergaul dengan orang baik, maka iapun akan terbawa baik. Dan begitupun sebaliknya. 

(Geografis)Lingkungan itu bukan hasil cipta manusia. Lingkungan bisa saja menjadi sumber konflik. Banyak hal yang bisa menjadi konflik dalam lingkungan. Misalnya, dari permasalahan garis demorkasi. Jika saja ada salah satu negara yang berbuat curang, dalam artian mereka memindahkan garis perbatasan mereka sebanyak beberapa meter. Nah, hal itu akan menyebabkan konflik jika diketahui oleh negara yang berbatasan dengannya tersebut. Kemudian kasus illegal loging juga menjadi sumber konflik. Indonesia misalnya.... Tapi terkadang indonesia juga disalahkan karena dianggap telah merusak lingkungan. Padahal mereka juga yang membeli kayu dari indonesia.

Lingkungan sosial, berawal dari individu dan kelompok (interaksi) yang bertujuan untuk pencapaian harapan sosial. 

6 Pendekatan Keamanan Lingkungan :
  1. Dapat dilihat sebagai akibat kegiatan manusia terhadap lingkungan (Ecological Security).
  2. Common security, keamanan kolektif/bersama. Misalnya, lapisan ozon yang mulai menipis dan banyak yang bolong-bolong. Itu mencakup tentang keamanan kolektif. Karena kalaulah lapisan ozon tersebut sampai rusak banget, maka manusia tidak akan mampu untuk menahan panas yang berasal dari matahari.
  3. Prubahan lingkungan terkait dengan kekerasan. 
  4. Masalah lingkungan berpengaruh pada keamanan nasional 
  5. menghubungkan perubahan lingkungan dengan keamanan berarti tidak terlepas dengan perangkat keamanan tradisiional, yaitu militer. Karena perubahan lingkungan bisa terjadi setelah terjadinya perang yang dilakukan oleh militer dan masyarakat lainnya. 
  6. human security.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar