Senin, 10 Desember 2012

Maksimalisasi SDA dalam Negeri


Nama              : Sri Maryati
NPM               : 170210110011
Kelas               : A
Mata kuliah   : Filsafat Ilmu

Maksimalisasi SDA dalam Negeri
Ditengah kemajuan ekonomi yang saling bersaing, seharusnya negara Indonesia pun ikut serta dalam persaingan tersebut. Pasalnya, banyak sekali potensi negara kita yang mampu untuk dijadikan bahan persaingan dengan negara lain. Misalnya aneka ragam kerajinan dari tempurung kelapa serta briketnya.
Karena negara kita merupakan salah satu negara yang termasuk produsen kelapa paling banyak. Maka kita seharusnya mampu menggunakan peluang tersebut. Apalagi jika kita melihat kebutuhan internasional yang sangat melimpah terhadap bahan bakar minyak tersebut, maka peluang itu berubah menjadi sebuah peluang yang benar-benar besar. Sebagai duta kampus, saya rasa kepekaan mahasiswa terhadap inovasi itu masih kurang. Mereka hanya dipenuhi dengan teori-teori yang mengkontsruk pemikiran mereka sehingga kurang mampu untuk out of the box.  Untuk itu, maka perlu diadakannya suatu  program khusus untuk menemukan serta mengasah passion mereka. Sehingga selain mengasah tingkat kreativitas mereka, juga membentuk sebuah spesialisasi yang baik dalam berbagai bidang.   
Kemudian jika saya melihatnya dari kacamata masyarakat, maka saya akan menyayangkan sekali kebijakan pemerintah yang dengan begitu mudahnya mengekspor bahan-bahan mentah Indonesia ke luar negeri. Seharusnya disini pemerintah berupaya agar memaksimalkan Sumber Daya Alam yang kita punya. Karena dengan begitu, tidak akan ada lagi masyarakat yang miskin.
Berarti tugas pertama yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah mencerdaskan masyarakatnya secara menyeluruh. Dan disamping penyeluruhan pendidikan ini, masyarakat yang dianggap sudah mempunyai pengetahuan yang tinggi juga berupaya untuk memaksimalkan Sumber Daya Alam yang kita miliki. Dan untuk menyeimbanginya, kita juga perlu meningkatkan berbagai produksi di bidang lainnya (yang non SDA). Sehingga, ketika pendidikan sudah menyeluruh, mereka tidak usah membangun dari awal. Akan tetapi mereka hanya tinggal menyempurnakannya dengan inovasi-inovasi baru yang lebih maju.  
Dan terakhir, jika saya lihat sebagai duta bangsa. Maka apa salahnya jika kita belajar dari negeri lain. Atau bekerja sama dengan negera lain untuk membantu meningkatkan produsen di negara kita. Dengan begitu kita akan menjadi sebuah negara yang maju secara perlahan.
Ngamaksimalkeun SDA nagara
Ditengah-tengah kamajuan ekonomi anu terus silih saing, geus kuduna atuh nagara Indonesia teh ilubiung dina acara pasaing-saing eta. Saestuna pangabisa nu dipikaboga dina hal Sumber Daya Alam urang teh loba pisan. Misalna rupa-rupa karajinan tina batok kalapa atawa arengna. Eta teh mangrupa salah sahiji potensi Sumber Daya Alam anu bisa dijual nepi ka ranah Internasional.
Terus, kulantaran nagara urang mangrupakeun salah sahiji nagara anu kaasup produsen kalapa anu loba, mangka urang kudu bisa ngagunakeun kasempetan eta pikeun ningkatkeun ekonomi urang. Komo deui lamun urang ninggali kana kabutuhan internasional pikeun minyak eta. Kasempetan eta teh barobah jadi kasempetan anu bener-bener gede pisan. Salaku wawakil kampus, simkuring ngarasa yenta kapekaan mahasiswa kana inovasi teh masih kurang. Maranehna ngan saukur dipinuhan ku teori-teori anu ngabentuk pamikiran maranehanana, nepika kurang mampu pikeun kaluar tina pamikiran anu geus aya. Kusabab kitu, matak perlu diayakeun program khusus pikeun neangan passion sarta ngasah passion maranehna. Sabab lain ngan saukur ningkatkeun kreativitas hungkul, tapi oge ngabentuk spesialisasi anu alus dina rupa-rupa bidang.
Terus, lamun sikuring nilik tina kacamata masarakat, maka simkuring bakal manghanjakalkeun pisan kawijaksanaan pamarentah anu sakitu gampangna ngekspor bahan-bahan atah Indonesia ka luar. Kuduna, pamarentah teh usaha pikeun ngamaksimalkeun Sumber Daya Alam anu kuurang dipikaboga eta. Sabab lamun kitu, moal aya deui kamiskinan di nagara urang.
Panungtung, lamun simkuring jadi wawakil nagara. Mangka naon salahna lamun urang diajar ti nagara sejen. Atawa rerejeungan jeung nagara sejen pikeun ningkatkeun produsen di nagara urang. Ku kituna urang bakal bisa jadi nagara anu maju, saeutik-saeutik.



しぜん のうりょく の 中 が 最大 しています。
けいざい の はってん させる の 中 で、 インドネシア は 従う しなければなりませんね。たくさん 私達 の お国のりょく は 競争 の ざいりょう に なります。たとえば、いろいろな やしのみ など の 有益 です。
私達 の お国 は たくさん やしのみ の せいさん ですから、 私達 は きかい が つかなければ なりません。いつ の 私達 は インターナシオナル ひつや が みったら、これ は 大きい の きかい でしょう。こてい の しせつ するい、私 は 大学 の びんかんな に あたらし の はっけん あまり を みません。彼女たち は 理論 に 詰まります。 彼女たち の かんがえ ため に きょうかい です。 これ ので、 とくべつ の フログラム が あらなければ なりません。パッシオン に そうぐう します。彼女たち の そうぞうりょうく が みがく まで です。いい の せんもんか の 中 に ひろい が なす です。
それから、 私 は 社会 の めがね に みったら、 けんめい は インドネシア の みずく の ざいりょう が ゆふつ へ しますので、 私 は せいふ の けんめい を おしみまして。 この けんめい は 私達 の しぜん のりょうく が きょうくだい しなければ なりません ので、びんぼう な の しゃかい が ありません。
さいご、みんぞく の しせつ が みったら、私達 は こくがい から べきょうしなければ なりません。あるいわ、 国外 と いっしょうに しごと しませうので、 私達 の こく は ゆっくり すすみみして。

けんめい の 責務 の まず は  ぜんぶ の しゃかい が かいばつ しなければ なりません。この びょうど きょういく の そば に、りこうな しゃかい は べつ の きうだいな に せいさん が あげまなければ なりません。きょういく の ぜんぶ の わかる とき は 彼女たち は たちあがる こと が はじめ から です。でもう、彼女たち は はっけん の かんぺき する たった です。

Tidak ada komentar:

Posting Komentar