Senin, 30 Juli 2012

Global Affairs



Global affairs dapat diartikan secara harafiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata global diartikan sebagai sesuatu yang luas, secara umum dan keseluruhan, juga dapat diartikan sesuatu yang bersangkut paut, meliputi seluruh dunia. Sedangkan menurut dictionary Oxford, global diartikan “covering or affecting the whole world” atau yang mencakup atau mempengaruhi seluruh dunia.
Sedangkan kata affairs diartikan “matters of personal concern” atau secara Bahasa Indonesia diartikan: masalah, urusan atau kepentingan. Affair dapat berarti masalah dan kepentingan pribadi, bersama, antar individu, maupun antar golongan.
Apabila diartikan secara harafiah, maka global affairs dapat diartikan sebagai masalah-masalah global. Lebih luasnya, global affairs berarti isu, masalah, serta kepentingan yang telah meluas, mencakup, dan mempengaruhi seluruh dunia. Hal-hal yang mempengaruhi dunia di sini tidak terbatas pada isu-isu politik yang diterapkan suatu bangsa terhadap perubahan dunia, namun dapat meluas kepada masalah ekonomi, sosial, kultur, hingga isu-isu lingkungan.
Isu global tidak hanya terbatas pada beberapa Negara tertentu saja tetapi secara keseluruhan berdampak kepada dunia, serta tidak juga terbatas untuk beberapa lingkungan geografis saja karena efeknya yang meluas.Isu global cenderung tidak dapat diatasi dengan kekuatan militer saja, sebut saja masalah-masalah lingkungan. Namun isu global mampu mengancam eksistensi suatu Negara.
Secara umum, global affairs berbeda dengan world affairs. Apabila world affairs diartikan oleh farlex sebagai isu, masalah serta kepentingan antara beberapa  Negara, antara satu Negara dengan Negara lain, dan bias juga beberapa Negara kontra beberapa Negara lain. Arti world affairs lebih sempit karena cenderung kepada kebijakan tiap Negara yang berbeda, atau secara sempitnya lebih kepada kajian Negara.Sementara Global affairs merupakan kajian yang luas hingga isu ekonomi, sosial, kultur dan lingkungan. Global affairs sendiri tidak hanya mempengaruhi Negara-negara tertentu saja, namun juga mempengaruhi semua Negara secara global baik itu dampak langsung maupun yang tidak langsung.
Global affairs pada politik contohnya kebijakan internasional Amerika Serikat. Amerika Serikat merupakan Negara superpower yang tentunya punya peranan besar di dunia saat ini. Satu kebijakan politik dari Amerika Serikat tentunya akan mengubah tatanan politik di dunia secara keseluruhan baik itu langsung maupun tidak langsung
Contoh lain isu-isu global kontemporer adalah permasalahan bidang bahan pangan. Pentingnya isu ini dikarenakan banyaknya orang-orang terutama di Negara-negara miskin yang meninggal akibat kurangnya bahan makanan. Negara China, India serta banyak Negara-negara di Afrika mengalami isu global krisis pangan seperti ini. Hal ini juga dikarenakan karena populasi penduduk yang semakin banyak justru berbanding terbalik dengan bahan makanan yang tersedia. Isu ini dikategorikan sebagai isu global karena efeknya yang begitu luas mengancam ke seluruh penjuru dunia.
Isu lain yang sangat mudah dijumpai pada kehidupan sekarang adalah isu lingkungan yaitu adanya global warming. Global warming ada diakibatkan kebocoran ozon di kutub yang berdampak secara langsung kebumi berupa suhu dunia menjadi lebih tinggi dan panas. Hal ini merupakan hal ilmiah yang tidak bisa dihindari bagi seluruh dunia. Cara-cara yang bisa dilakukan oleh seluruh dunia contohnya dengan melakukan kegiatan penanaman pohon, pengurangan polusi agar efekdari global warming tersebut tidak semakin memperparah. Seluruh Negara baik itu Negara maju maupun Negara berkembang semuanya turut mendapat dampak langsung dari isu global ini, tinggal bagaimana cara dalam menyikapi gejala ini.
Isu Global ada yang dapat dikategorikan sebagai isu global kontemporer yaitu yang meluas setelah adanya perang dingin yang berakhir pada tahun 1990an. Isu kontemporer ini terkait erat dengan dihadapkannya pada new world order yang lebih berupa ancaman keamanan, namun tidak lagi persaingan antara blok barat dengan blok timur ataupun mengenai ideology liberalis serta sosialis komunis. Persoalan mayor diantaranya:
1.      DegradasiLingkungan
2.      KesejahteraanEkonomi
3.      MigrasiPenduduk





SUMBER:
-          Baylis,John(2001). The Globalization of World Politics. New York:  Oxford University Press Inc: Bab 21.hlm 456-458
-          http://susilofy.wordpress.com/2011/01/09/isu-isu-global-masa-kini-dan-masa-depan/diunduh: Sabtu 3 Maret 2012 jam 19.10. pengarang: Susilofy. IsuIsu Global MasaKinidanMasaMendatang.
-          http://www.thefreedictionary.com/world+affairsdiunduh: Sabtu 3 Maret 2012 jam 18.46

Tidak ada komentar:

Posting Komentar