Bab 6
ORGANISASI
A. Pengertian
organisasi
Pandangan para penyusun
definisi dapat dikelompokkan menjadi 3 macam
yaitu :
1. Organisasi
sebagai kumpulan orang
2. Organisasi
sebagai proses pembagian kerja
3. Organisasi
sebagai system kerja sama, system hubungan atau system social
Menurut Sondang P. Sagian, hakikat organisasi dapat
dipandang sebagai wadah, yaitu tempat kegiatan-kegiatan administrasi dan manajemen
dujalankan dan sifatnya adalah relatif statis. Kemudian organisasi juga
dipandang sebagai proses, yaityu interaksi antara orang-orang yang menjadi
anggota anggota administrasi dan sifatnya dinamis.
Organisasi
adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama
untuk mencapai suatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu
ikatan hirarkidimana selalu terdapat seorang atau kelompok orang yang disebut
pimpinan dan seorang atau kelompok orang yang disebut bawahan.
Organisasi
ditandai dengan cirri-ciri sebagai berikut :
1. Adanya
pembagian dalam pekerjaan, kekuasaan, tanggung jawab dan komunikasi yang
merupakan pembagian-pembagian bentuk yang tidak dipolakan.
2. Adanya
pengendalian usaha organisasi serta mengarahklan organisasi untuk mencapai
tujuan.
3. Panggantian
tenaga
B. Tujuan
organisasi
Tujuan organisasi pada
hakikatnya merupakan integrasi dari berbagai tujuan baik yang bersifat
komplementer yaitu tujuan individu atau anggiota organisasi maupun yang
bersifat substantive merupakan tujuan pokok organisasi yang menjadi sebab utama
dibentuknya suatu organisasi.
Oleh sebab itu,
kegiatan-kegiatan orgabisasi diarahkan kepada dua dimensi tujuan :
1. Tercapainya
tujuan organisasi secara fektif dan efisien
2. Tercapainya
kepuasan dari anggota organisasi.
Antara tujuan
yang bersifat komplementer dan tujuan substantive tidak selalun searah.
Dari sudut
pandangan lain dikategorikan 3 jenis tujuan organisasi :
1. Pelayanan
2. Keuntungan
3. Tujuan
social
Setiap
organisasi dengan sendirinya mempunyai ketiga jenis tujuan terssebut.
C. Asas-asas
organisasi
Asas atau prinsip
mempunyai dua arah pikiran petunjuk kepada pemikiran atau tindakan. Yaitu :
1. Merupakan
suatu pangkal tolak pikiran untuk memahami suatu tata hubungan khusus atau
kasus
2. Merupakan
suatu cara atau sarana untuk menciptakan sesuatu tata hubungan sesuai dengan
kondisi yang dikehendaki
Beberapa
prinsip organisasi antara lain adalah :
1. Tujuan
yang jelas
2. Spesialisasi
3. Koordinasi
4. Wewenang
5. Tanggung
jawab
6. Keseimbangan
7. Delegasi
8. Kesatuan
komando
9. Jenjang
hirarki
10. Rentang
control
D. Bentuk-bentuk
organisasi
1. Organisasi
lini atau garis
2. Organisasi
lini dan staf
3. Organisasi
fungsional
4. Organisasi
lini-fungsional
5. Organisasi
lini-staf-fungsional
Bab 7
Manajemen
A.
Pengertian menajemen
Manajemen ini diterjemahkan
dalam berbagai istilah, seperti : kepemimpinan, tata pimpinan, ketatalaksanaan,
pengaturan,pengelolaan, pengendalian, pengurusan,pembinaan dan lain-lain.
Manajemen
dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu
hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
B.
Tugas dan peranan manajemen
Yang dilakukan oleh
seorang manajer adalah;
1. Manajer
bekerja melalui dan dengan orang lain
2. Manajer
bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan atas suksesnya suatu organisasi
dalam mencapai tujuan
3. Manajer
menyeimbangkan persaingan sasaran dan perangkat prioritas
4. Manajer
harus berfikir analitikal dan konseptual
5. Manajer
adalah mediator dan perantara
6. Manajer
adalah diplomat
7. Manajer
adalah politisi
C. Tingkat-tingkat
manajemen
Berdasarkan tingkat
dalam organisasi, maka tingkat manajemen dapat dibedakan atas a:
1. Top
management
2. Middle
management
3. Lower
management
D. Keterampilan
teknik manajerial
1. Keterampilan
teknik
2. Keterampilan
hubungan manusia
3. Keterampilan
konseptual
E. Sumber
daya manajemen
1. Manusia,
yaitu orang yang menggerakkan dan melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai
tujuan
2. Sumber
daya materil, yaitu berbagai sarana dan prasarana yang dimanfaatkan, digunakan
dan kemudian diproses oleh manusia untuk menghasilkan suatu output
3. Metode-metode,
yaitu cara yang digunakan dalam proses input menjadi output
F. Prinsip-prinsip
manajemen
Prinsip utama dari manajemen ialah efisiensi dan
efektivitas dalam mencapai hasil atau tujuan yang direncanakan.
Bab 8
Fungsi-fungsi
Manajemen
a.
Klasifikasi
fungsi manajemen
Urwick memberikan
klasifikasi administrasi hampir sama dengan klasifikasi yang diberi oleh Henry
Fayol. Fungsi-fungsi administrasi menurut Urwick adalah :
1.
Peramalan
2.
Perencanaan
3.
Pengorganisasian
4.
Koordinasi
5.
Pengarahan
6.
Control/pengawasan
b.
Perencanaan
Perencanaan merupakan
fungsi pertama dan bahkan yang utama dalam setiap aktivitas manajemen atau
administrasi. Perencanaan dirumuskan dan ditetapkan jawaban-jawaban dari
pertanyaan sebagai berikut ;
1. Apa
yang harus dikerjakan?
2. Mengapa
harus dikerjakan?
3. di
mana dikerjakan?
4. Kapan
akan dikerjakan?
5. Siapa
yang akan mengerjakan?
6. Bagaimana
hal tersebut akan dikerjakan?
c.
Pengorganisasian
Organizing merupakan kata kerja dari
organization yang berasal dari kata organism. Organism berarti suatu susunan
yang terdiri dari bagian-bagian dan diarahkan ke satu tujuan. Fungsi
pengorganisasian dalam manajemen adalah :
1. Mewujudkan
struktur organisasi
2. Uraian
tugas dari setiap bidang atau bagian dalam organisasi menjadi jelas
3. Wewenang
dan tanggung jawab menjadi jelas
4. Memperlhatkan
antar tugas atau pekerjaan dari setiap unit organisasi
5. Sumber
daya manusia dan materiil yang dibutuhkan dapat diketahui
d.
Pengawasan
Pengawasan merupakan fungsi manajemen
yang juga mempunyai hubungan yang erat dengan fungsi manajeman lainnya terutama
dengan fungsi perencanaan.pengawasan ialah proses pengamatan daripada
pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pkerjaan yang
sedang dilakukan berjalan dengan sesuai rencana yang telah ditetapkan.
Tujuan fungsi kontol
antara lain:
1.
Mencegah terjadinya penyimpangan
pencapaian tujuan yang telah direncanakan
2.
Agar proses kerja sesuai dengan
prosedur yang telah diariskan
3.
Mencegah dan menghilangkan hambatan
dan kesulitan yang akan, sedang atau mungkin terjadi dalam pelaksanaan kegiatan
4.
Mencegah penyimpangan penggunaan
sumber daya
5.
Mencegah penyalahgunaan otoritas dan
kedudukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar