Senin, 09 Juli 2012

Review Pengantari ilmu Administrasi



Bab 6
ORGANISASI

A.      Pengertian organisasi
Pandangan para penyusun definisi dapat dikelompokkan menjadi 3 macam  yaitu :
1.      Organisasi sebagai kumpulan orang
2.      Organisasi sebagai proses pembagian kerja
3.      Organisasi sebagai system kerja sama, system hubungan atau system social
Menurut  Sondang P. Sagian, hakikat organisasi dapat dipandang sebagai wadah, yaitu tempat kegiatan-kegiatan administrasi dan manajemen dujalankan dan sifatnya adalah relatif statis. Kemudian organisasi juga dipandang sebagai proses, yaityu interaksi antara orang-orang yang menjadi anggota anggota administrasi dan sifatnya dinamis.
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarkidimana selalu terdapat seorang atau kelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau kelompok orang yang disebut bawahan.
Organisasi ditandai dengan cirri-ciri sebagai berikut :
1.      Adanya pembagian dalam pekerjaan, kekuasaan, tanggung jawab dan komunikasi yang merupakan pembagian-pembagian bentuk yang tidak dipolakan.
2.      Adanya pengendalian usaha organisasi serta mengarahklan organisasi untuk mencapai tujuan.
3.      Panggantian tenaga

B.      Tujuan organisasi
Tujuan organisasi pada hakikatnya merupakan integrasi dari berbagai tujuan baik yang bersifat komplementer yaitu tujuan individu atau anggiota organisasi maupun yang bersifat substantive merupakan tujuan pokok organisasi yang menjadi sebab utama dibentuknya suatu organisasi.
Oleh sebab itu, kegiatan-kegiatan orgabisasi diarahkan kepada dua dimensi tujuan :
1.      Tercapainya tujuan organisasi secara fektif dan efisien
2.      Tercapainya kepuasan dari anggota organisasi.
Antara tujuan yang bersifat komplementer dan tujuan substantive tidak selalun searah.
Dari sudut pandangan lain dikategorikan 3 jenis tujuan organisasi :
1.      Pelayanan
2.      Keuntungan
3.      Tujuan social
Setiap organisasi dengan sendirinya mempunyai ketiga jenis tujuan terssebut.
C.      Asas-asas organisasi
Asas atau prinsip mempunyai dua arah pikiran petunjuk kepada pemikiran atau tindakan. Yaitu :
1.      Merupakan suatu pangkal tolak pikiran untuk memahami suatu tata hubungan khusus atau kasus
2.      Merupakan suatu cara atau sarana untuk menciptakan sesuatu tata hubungan sesuai dengan kondisi yang dikehendaki
Beberapa prinsip organisasi antara lain adalah :
1.      Tujuan yang jelas
2.      Spesialisasi
3.      Koordinasi
4.      Wewenang
5.      Tanggung jawab
6.      Keseimbangan
7.      Delegasi
8.      Kesatuan komando
9.      Jenjang hirarki
10.  Rentang control
D.     Bentuk-bentuk organisasi
1.      Organisasi lini atau garis
2.      Organisasi lini dan staf
3.      Organisasi fungsional
4.      Organisasi lini-fungsional
5.      Organisasi lini-staf-fungsional


Bab 7
Manajemen

A.             Pengertian menajemen
Manajemen ini diterjemahkan dalam berbagai istilah, seperti : kepemimpinan, tata pimpinan, ketatalaksanaan, pengaturan,pengelolaan, pengendalian, pengurusan,pembinaan dan lain-lain.
Manajemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
B.             Tugas dan peranan manajemen
Yang dilakukan oleh seorang manajer adalah;
1.      Manajer bekerja melalui dan dengan orang lain
2.      Manajer bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan atas suksesnya suatu organisasi dalam mencapai tujuan
3.      Manajer menyeimbangkan persaingan sasaran dan perangkat prioritas
4.      Manajer harus berfikir analitikal dan konseptual
5.      Manajer adalah mediator dan perantara
6.      Manajer adalah diplomat
7.      Manajer adalah politisi
C.      Tingkat-tingkat manajemen  
Berdasarkan tingkat  dalam organisasi, maka tingkat manajemen dapat dibedakan atas a:
1.      Top management  
2.      Middle management
3.      Lower management
D.     Keterampilan teknik manajerial
1.      Keterampilan teknik
2.      Keterampilan hubungan manusia
3.      Keterampilan konseptual
E.      Sumber daya manajemen
1.      Manusia, yaitu orang yang menggerakkan dan melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai tujuan
2.      Sumber daya materil, yaitu berbagai sarana dan prasarana yang dimanfaatkan, digunakan dan kemudian diproses oleh manusia untuk menghasilkan suatu output
3.      Metode-metode, yaitu cara yang digunakan dalam proses input menjadi output

F.       Prinsip-prinsip manajemen
Prinsip utama dari manajemen ialah efisiensi dan efektivitas dalam mencapai hasil atau tujuan yang direncanakan.






Bab 8
Fungsi-fungsi Manajemen


a.              Klasifikasi fungsi manajemen
Urwick memberikan klasifikasi administrasi hampir sama dengan klasifikasi yang diberi oleh Henry Fayol. Fungsi-fungsi administrasi menurut Urwick adalah :
1.             Peramalan
2.             Perencanaan
3.             Pengorganisasian
4.             Koordinasi
5.             Pengarahan
6.             Control/pengawasan
b.                  Perencanaan
Perencanaan merupakan fungsi pertama dan bahkan yang utama dalam setiap aktivitas manajemen atau administrasi. Perencanaan dirumuskan dan ditetapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan sebagai berikut ;
1.      Apa yang harus dikerjakan?
2.      Mengapa harus dikerjakan?
3.      di mana dikerjakan?
4.      Kapan akan dikerjakan?
5.      Siapa yang akan mengerjakan?
6.      Bagaimana hal tersebut akan dikerjakan?


c.                   Pengorganisasian
Organizing merupakan kata kerja dari organization yang berasal dari kata organism. Organism berarti suatu susunan yang terdiri dari bagian-bagian dan diarahkan ke satu tujuan. Fungsi pengorganisasian dalam manajemen adalah :
1.    Mewujudkan struktur organisasi
2.    Uraian tugas dari setiap bidang atau bagian dalam organisasi menjadi jelas
3.    Wewenang dan tanggung jawab menjadi jelas
4.    Memperlhatkan antar tugas atau pekerjaan dari setiap unit organisasi
5.    Sumber daya manusia dan materiil yang dibutuhkan dapat diketahui

d.                  Pengawasan
Pengawasan merupakan fungsi manajemen yang juga mempunyai hubungan yang erat dengan fungsi manajeman lainnya terutama dengan fungsi perencanaan.pengawasan ialah proses pengamatan daripada pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pkerjaan yang sedang dilakukan berjalan dengan sesuai rencana yang telah ditetapkan.
Tujuan fungsi kontol antara lain:
1.        Mencegah terjadinya penyimpangan pencapaian tujuan yang telah direncanakan
2.        Agar proses kerja sesuai dengan prosedur yang telah diariskan
3.        Mencegah dan menghilangkan hambatan dan kesulitan yang akan, sedang atau mungkin terjadi dalam pelaksanaan kegiatan
4.        Mencegah penyimpangan penggunaan sumber daya
5.        Mencegah penyalahgunaan otoritas dan kedudukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar